Tuesday 17 January 2017

PIJAT SPA PANGGILAN - FAMILY HEALTH MASSAGE - PIJAT TRADISIONAL JAWA atau JAVANESE TRADITIONAL MASSAGE

Solusi Spa adalah merupakan sebuah layanan pijat kesehatan Keluarga yang menggunakan semua jenis-jenis treatmentnya adalah berasal dari pijat tradisional Jawa. Bahkan hampir Semua Terapis dan pengelolanya pun adalah orang-orang Jawa Sendiri. Mengapa Demikian?
Pijat Tradisional Jawa merupakan tradisi turun-temurun yang dilalukan oleh masyarakat Jawa pada umumnya. Ini terbukti dari peninggalan bersejarah pada relief candi Borobudur yang didirikan pada abad ke-9 Masehi di daerah propinsi Jawa Tengah. Relief yang menunjukkan gambar perwatan-perawatan khususnya yang dilakukan untuk para raja dan keluarga raja menjadi bukti budaya perawatan kesehatan Indonesia sudah sangat tua. Keraton Kasunanan Surakarta yang dikepalai oleh seorang raja dengan gelar Susuhunan Pakubuwono ada tradisi Pijat bagi keluarga raja mulai dari bayi hingga masa tua.http://www.solusispa.com/service/pijat-tradisional.html 
Bayi yang telah berusia 1 bulan diberi perawatan pemijatan yang dinamakan dadah. Tradisi Dadah ini dipercaya mampu memperlancar peredaran darah sang bayi setelah 9 bulan berada di kandungan seorang ibunya dengan keterbatasan ruang gerak. Perawatan dadah yang diajarkan kepada sang ibu, biasanya disertai nyanyian-nyanyian yang berisi doa agar kelak si bayi menjadi anak yang berbakti. Dengan demikian terjadi ikatan batin antara ibu dan bayinya.
Pijat Tradisional Jawa yang dipengaruhi oleh Kultur Kerajaan, membuat pijat ini sangat memperhatikan etika pelayanan dan selalu menjaga kesakralan dari terapi yang diberikan.Pijat Jawa dilakukan dengan ritme gerakan yang lambat serta jiwa yang penuh keikhlasan dalam melayani. Hal inilah yang menjadikan pijat tradisional Jawa terkenal dan sangat digemari. Pijat Tradisional Jawa banyak menggunakan jari plirit dan dikombinasikan dengan tekanan telapak tangan sebagai relaksasi otot. 
Gerakan Stretching atau peregangan selalu mengawali gerakan dalam pijat tradisional Jawa yang berfungsi untuk meregangkan atau melemaskan otot yang kaku sebelum dipijat. Walau memiliki gerakan yang perlahan dan gemulai, Pijatan Jawa terasa mantap tekanannya hal inilah yang menyebabkan masyarakat Eropa sangat menyukai Pijatan ini. Dan menurut penelitian, hampir semua gerakan pijat tradisional Jawa dapat menghancurkan asam laktat pada otot yang tidak bisa disingkirkan oleh tubuh sendiri.
Dari Uraian tersebut menjadi alasan utama kami di Solusi Spa untuk terus mengembangkan dan melestarikan warisan nenek moyang kita ini sebagai warisan kekayaan dan aset bangsa yang mesti terus dijaga kelestariannya bagi anak cucu kita.

No comments: